MAKALAH TENTANG VISUAL BASIC 6.0

MAKALAH
PENGENALAN VISUAL BASIC 6.0

DISUSUN
O
L
E
H
CANDRA DAUTAMA
NPM : 10100050

SEKOLAH TINGGI MANAJMEN INFORMATIKA DAN
KOMPUTER (STMIK) PRINGSEWU
TAHUN PELAJARAN 2010

KATA PENGANTAR

Puji syukur diucapkan kehadirat Allah SWT atas berkat rahmat dan hidayatNya, sehingga penulis dapat menyelesaikan salah satu tuntutan pendidikan dewasa ini, yaitu sebuah makalah yang berjudul Pengenalan Visual Basic 6.0. Suatu hal yang tidak dapat dipungkiri sekarang bahwa setiap orang suatu ketika dihadapkan pada kenyataan untuk dapat mengerti apa program Visual Basic itu.
Untuk mendapatkan pengetahuan tentang program Visual Basic diperlukan petunjuk – petunjuk. Maka dari itu penulis menulis makalah ini agar dapat dipelajari oleh semua pihak.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1. Bapak Nur Aminudin, S.Kom, selaku dosen pengampu mata kuliah Bahasa Pemrograman Visual Basic.
2. Teman – teman yang membantu dan mendorong serta memberikan informasi yang sangat diperlukan dalam penyusunan makalah ini.

Semoga makalah ini memenuhi persyaratan dan banyak manfaat bagi pemakai. Kepada semua pihak senantiasa diharapkan saran – saran dan petunjuk untuk penyempurnaan lebih lanjut.

Pringsewu, 27 November 2010
Penulis,

Candra Dautama

DAFTAR ISI

Halaman judul i
Kata pengantar ii
Daftar isi iii

BAB I PEMBAHASAN
1. Mengenal Visual Basic 6.0 1
2. Memulai Visual Basic 6.0 2
3. Tampilan awal Visual Basic 6.0 3
4. Lingkungan Kerja dan komponen Visual Basic 6.0 3

BAB II PENUTUP
1. Kesimpulan 8
2. Saran 8
DAFTAR PUSTAKA 9

BAB II
PENGENALAN VISUAL BASIC 6.0

1. Mengenal Visual Basic
Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi Windows yang berbasis grafis (GUI – Graphical User Interface). Visual Basic merupakan event-driven programming (pemrograman terkendali kejadian) artinya program menunggu sampai adanya respon dari pemakai berupa event/ kejadian tertentu (tombol diklik, menu dipilih, dan lain-lain). Ketika event terdeteksi, kode yang berhubungan dengan event (prosedur event) akan dijalankan.
Berikut ini adalah point-point penting dalam sejarah perkembangan Visual Basic, sebagai berikut :
1) Visual Basic pertama kali diperkenalkan tahun 1991.
2) Berikutnya dirilis Visual Basic 3.0 tahun 1993.
3) Visual Basic 4.0 dirilis pada akhir tahun 1995 (tambahan dukungan untuk aplikasi 32 bit).
4) Visual Basic terbaru adalah versi 6.0 yang dirilis pada akhir tahun 1998. Microsoft umumnya membuat tiga edisi Visual Basic yaitu : Standard Edition merupakan produk dasar. Profesional Edition berisi tambahan Microsoft Jet Data Access Engine (database) dan pembuatan server OLE automation. Enterprise Edition adalah edisi client-server. Jenis File Pada Visual Basic Proyek merupakan cikal bakal dari aplikasi dan terdiri dari beberapa file yang saling terkait satu sama lain, file-file tersebut mempunyai ekstensi yang berbeda-beda sesuai dengan isi dan fungsinya.

2. Memulai Visual Basic

Jika belum memiliki program Visual Basic Kita harus menginstalnya terlebih dahulu. Caranya adalah sebagai berikut :
1. Masukan CD-ROM installer , buka isinya kemudian klik ganda pada setup.exe sehingga akan muncul kotak dialog yang pertama kemudian klik next.
2. Kotak dialog yang kedua akan muncul, baca agreement jika setuju klik I accept the agreement dan klik next.
3. Kotak dialog yang ketiga akan muncul, isikan nomor produk yang tertera pada VB6 klik next.
4. Kotak dialog yang keempat akan muncul, klik install Visual Basic 6 klik next, program InstallShield akan bekerja dan muncul kotak dialog kelima yang isinya tentang aturan hukum pembajakan ada aturan main yang harus disepakati bersama yaitu EULA(End User Lisence Agreement) perjanjian antara Microsoft dengan user, klik continue.
5. Kotak dialog yang keenam akan muncul, secara default VB6 akan membuat folder yang terletak C:\Program files\DevStudio\VB. klik ok.
6. Kotak dialog yang ketujuh akan muncul, menyediakan pilihan setup Typical atau Custom lalu klik ok, nama program VB6 secara default adalah Microsoft Visual Basic 6 lalu klik continue proses penyalinan hardisk dimuali pada langkah ini .
7. Setelah proses mencapai 100% akan muncul tampilan yang memberi tahu bahwa proses instalasi akan komplet. Klik ok, VB6 akan meminta untuk merestart windows agar hasil proses instalasi sesuai dengan rencana.
8. Klik tombol restart windows, lengkaplah proses instalasi VB6. Untuk melihat hasilnya, dari menu Start arahkan pointer ke Microsoft Visual Basic 6, maka akan tampil kelompok dari program Visual Basic 6.

Untuk menjalankan VB6 ada beberapa cara yang dapat digunakan, yaitu :
1. Dari Menu Start pilih program – Microsoft Visual Studio 6 – lalu klik icon Visual basic 6
2. Klik ganda icon Visual Basic 6 pada Dekstop
3. Klik ganda ekstensi .MAK pada Window Eksplorer
4. Klik ganda file VB6.EXE pada Windows Eksplorer. File ini secara default terletak pada folder C:\Program files\Microsoft VisualStudio\VB98

3. Tampilan Awal Visual Basic

4. Lingkungan kerja dan komponen Visual Basic

1) Title Bar
Title bar merupakan batang jendela dari program Visual Basic 6.0 yang terletak pada bagian paling atas dari jendela program yang berfungsi untuk menampilkan judul atau nama jendela. Selain itu juga berfungsi untuk memindahkan posisi jendela dengan menggunakan drag and drop pada posisi title bar tersebut dan untuk mengatur ukuran jendela dari ukuran minimize ke ukuran restore ataupun sebaliknya dengan melakukan klik ganda pada posisi title bar tersebut.

2) Menu bar
terdiri dari 2 komponen yaitu menu bar dan title bar. Menu bar menampilkan menu yang berisi perintah-perintah pada VB, title bar akan menampilkan judul proyek VB yang sedang dikerjakan.

3) Toolbar
digunakan untuk mngakses menu yang ada dalam VB secara lebih cepat dan lebih mudah.

4) Toolbox
berisi kumpulan objek yang digunakan untuk membuat user interface serta pengontrolan bagi program yang dibuat. Objek yang terdapat dalam toolbox ini adalah control.

5) Project
Digunakan untuk mengelola file yang menyusun sebuah objek yang berisi daftar form, modul class dan file resource yang digunakan sebuah proyek.

6) Properties window
merupakan jendela yang digunakan untuk mengatur properties sebuah objek, dibagi dalam 2 bagian yaitu; Alphabetic dan Categorized.

7) Form Layout window
digunakan untuk mengatur tata letak form pada layar monitor.

8) immediate window
digunakan untuk mencoba beberapa instruksi program dan pada saat menguji program bisa digunakan sebagai window debug.

9) Form window
adalah lembar desain tampilan atau kanvas dari program yang dibuat. Form ini adalah tempat diletakannya kontrol-kontrol VB.

10) Code window
digunakan sebagai tempat untuk menuliskan atau menyunting program VB., terdiri dari 2 elemen, yaitu : Object Box dan Procedure List Box.

11) Event
Event adalah peristiwa atau kejadian yang diterima oleh suatu objek, misalnya klik, seret, tunjuk dan lain-lain. Event yang diterima objek akan memicu MS-Visual Basic menjalankan kode program yang ada di dalamnya. Contoh : Private Sub Command1_Click( ) Baris di atas menunjukkan penggunaan Event Click pada objek command1, maka baris-baris kode program di bawahnya akan dilaksanakan.

12) Method
Method adalah suatu set perintah seperti halnya fungsi dan prosedur, tetapi sudah tersedia di dalam suatu objek

13) Module
Module dapat disejajarkan dengan Form, Tetapi tidak mengandug Objek dan bentuk yang standar. Module dapat berisi beberapa kode program yang dapat digunaka dalam program aplikasi.


BAB II
PENUTUP

1. Kesimpulan
Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi Windows yang berbasis grafis (GUI – Graphical User Interface). kemampuan Visual Basic untuk dapat berinteraksi dengan aplikasi lain di dalam sistem operasi Windows dengan komponen ActiveX Control.

2. Saran
Kemajuan Visual Basic di masa mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga mampu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat karena di masa depan teknologi akan semakin canggih.


DAFTAR PUSTAKA

http://id.shvoong.com/books/1901179-pengenalan Visual Basic
Reference Manual, MICROSOFT BASIC-80 Version 5.0, Microsoft, 1980

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: